IPA KELAS 6 SEMESTER 1


Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia.

Manusia tumbuh dan berkembang. Tumbuh adalah proses pertambahan ukuran dan jumlah sel. Sel yang bertambah besar tidak dapat mengecil lagi. Sebagai contohnya, anak yang tumbuh menjadi remaja, sel – selnya mengalami pertumbuhan. Sehingga, seorang remaja tidak mungkin menjadi bayi lagi. Lain halnya dengan berkembang. Berkembang adalah proses perubahan organ tubuh dan fungsinya menuju kedewasaan. Manusia tumbuh dan berkembang dari masa balita, remaja, hingga lanjut usia.



1.        Masa Balita.
Masa balita adalah masa anak di bawah usia lima tahun. Pada masa ini,anak tumbuh dan berkembang sangat pesat.
Saat baru lahir, kalian belum bisa melakukan apa-apa. Waktu usia sebulan, indra penglihat dan pendengar mulai berfungsi. Kalian sudah bisa melihat sinar dan mendengar suara. Pada usia 5–6 bulan, kalian mulai tengkurap dengan kepala tegak. Kalian mulai merangkak dan berdiri saat berusia 9–12 bulan. Ketika mencapai usia delapan belas bulan, kalian mampu berjalan sendiri. Pada usia 2–3 tahun, kalian mulai berbicara dalam kalimat yang sederhana. Memasuki usia tiga tahun, kalian mulai bisa mengungkapkan pikiran. Pengungkapan ini dapat berupa gerakan terhadap suatu benda. Masa pengungkapan ini merupakan masa bermain.

2.        Masa Remaja.
Masa remaja dikenal sebagai masa puber. Masa puber pada perempuan dating lebih cepat dibandingkan laki – laki. Masa puber pada perempuan terjadi pada usia 9 – 13 tahun. Pada laki – laki, masa puber terjadi pada usia 10 – 14 tahun. Pada masa puber terjadi perubahan fisik yang sangat kelihatan. Hormon – hormon seksual mulai berfungsi. Antara laki – laki dan perempuan mulai terjadi ketertarikan.
Perubahan fisik pada perempuan berbeda dengan laki – laki. Perubahan fisik pada perempuan ditandai dengan :
1)        Pinggul dan payudara membesar,
2)        Tumbuh rambut pada bagian – bagian tubuh tertentu,
3)        Meningkatnya emosi, dan
4)        Terjadi menstruasi
Adapun perubahan fisik pada laki – laki ditandai dengan :
1)      Dada terlihat bidang,
2)      Suara menjadi besar,
3)      Tumbuhnya rambut pada bagian – bagian tubuh tertentu, dan
4)      Mengalami mimpi basah.

3.        Masa Dewasa
Masa dewasa satu tingkat lebih tinggi dari masa remaja. Masa ini terjadi pada usia sekitar 20 tahun. Pada masa ini tidak terjadi pertumbuhan fisik. Tetapi, pertumbuhan dan perkembangan secara emosional masih terjadi. Pada masa dewasa, orang akan berpikir untuk bekerja dan menikah.


4.        Masa Lanjut Usia.
Masa lanjut usia disebut juga masa tua. Pada masa ini terjadi penurunan fungsi alat – alat tubuh. Berbagai macam penyakit pun sering timbul. Orang lanjut usia mulai kehilangan kekuatan tubuh. Ototnya, melemah dan kulit menjadi keriput. Selain itu, tulang mengalami pengeroposan dan gigi mulai tanggal. Ketajaman indera penglihat berkurang dan rambut beruban. Beberapa orang menampakkan tanda – tanda penuaan sejak usia 40 tahun. 

0 komentar:

Posting Komentar